Posted by: ariefantasista10 | February 26, 2008

Cedera Eduardo Rawan Amputasi

tacklemos_468x278.jpg
breakpa_468x303.jpg

Cedera patah kaki yang mendera bomber Arsenal, Eduardo da Silva beresiko mengundang amputasi. Seorang spesialis tulang dan fisioterapi Inggris, Tim Allardye meyakini jika tim medis Arsenal tidak bergerak dengan cepat dan hati-hati maka kaki Eduardo bisa jadi diamputasi.
Cukup melegakan sekarang, mengingat bomber kelahiran Brasil berkenegaraan Kroasia tersebut telah terlepas dari tahapan beresiko fatal tersebut. Eduardo telah menjalani operasi dengan baik tidak lama setelah kakinya patah akibat tackle horor yang dilayangkan bek Martin Taylor saat The Gunners bermain imbang 2-2 melawan Birmingham City, Sabtu (23/2).
Dan menurut penuturan Tim Allardyce yang dirilis BBC Sports, mengungkapkan keberuntungan masih menyertai Eduardo menyusul seluruh komponen medis yang ada di stadion St Andrews cepat bereaksi sehingga resiko amputasi tak terjadi.
“Anda bisa kehilangan kaki jika mengalami insiden seperti itu. Sekali kaki mengalami dislokasi letak seperti itu, maka jaringan pembuluh darah akan rusak dan itu sangat serius,” papar Allardyce kepada BBC Radio Five Live.
“Kaki harus direlokasi secepatnya sangat perlu mengambil langkah operasi. Terlambat sedikit saja, hasilnya akan sangat mengerikan,” tambahnya.
Dalam menghadapi cedera seperti itu, Allardyce memperingatkan Eduardo untuk bersabar dalam mengembalikan staminanya. Meski begitu, tetap terbesit kekhawatiran dibenak Allardyce jika bomber timnas Kroasia itu tak akan bisa lagi mencapai pemulihan total.
“Bayangkan jika pergelangan kaki anda terkilir dengan buruk dan bahkan 10 kali lebih buruk. Itulah yang terjadi pada Eduardo. Dia mungkin absen sekitar empat-lima bulan. Dalam kasus orang normal, biasanya menjalani perawatan selama enam bulan. Dan untuk mengembalikan level fitness tertentu, dia akan membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan,” tandas Allardyce.
Bukan hanya patah tulang yang harus recovery, Allardye juga menitik beratkan pada kerusakan di sekitarnya.
“Selain tulang, kerusakan ligamen, otot tendon, tulang lunak dan yang lain harus dibenahi juga. Pokoknya, dia harus melakukan banyak hal untuk meraih mobilitas penuh dan kekuatan pada engkelnya sesuai standard permainan internasional. Apakah dia bisa atau tidak, saya tak yakin. Belum lagi masalah traumatik yang bisa meruntuhkan sisi kepercayaan diri,” jelas Allardyce.


Responses

  1. mengerikan, setiap mengingat foto ini, bulu kuduk sy pasti berdiri


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: