Posted by: ariefantasista10 | February 27, 2008

Terus Dikecam Hillary, Obama Tak Terpancing

Terus Dikecam Hillary, Obama Tak Terpancing

obama1.jpg vs hillaryclinton.jpg

WASHINGTON – Kecaman bertubi-tubi terus dilontarkan Hillary Rodham Clinton kepada rivalnya, Barack Obama, menjelang pemilihan paling menentukan di Ohio dan Texas.

Hillary, yang kalah sebelas kali berturut-turut dalam pemilihan pendahuluan sebelumnya, kembali mencemooh dengan mengatakan Obama sebagai sosok yang tidak siap mengatasi krisis global. Hillary juga mencerca Obama sebagai pendatang baru dalam masalah keamanan nasional menjelang debat terakhir sebelum bertarung di Ohio dan Texas pada 4 Maret mendatang.

Lebih dari itu, Hillary menyamakan Obama dengan Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush saat menjabat pada 2001 dalam menangani keamanan nasional. Sebaliknya, senator New York itu memuji diri sendiri dengan menyebutkan tidak perlu mendapat “instruksi manual kebijakan luar negeri” untuk menjaga keamanan negara.

Hillary menilai Obama tidak konsisten karena bersedia bertemu tanpa syarat dengan pemimpin Kuba, Iran, dan negara-negara lain yang memusuhi AS saat debat televisi. Ketika itu Obama juga menyatakan akan mengirim pasukan AS ke Pakistan jika “intelijen menunjukkan” negara itu menjadi sarang teroris.

“Dia (Obama) ragu-ragu untuk meyakini bahwa mediasi dan pertemuan tanpa syarat awal dapat menyelesaikan sebagian besar masalah di dunia. Demikian juga dengan aksi militer unilateral yang tanpa kerja sama dengan aliansi kita di wilayah paling sensitif di dunia,” papar Hillary kemarin.

Untuk mengantisipasi serangan mantan Ibu Negara itu, penasihat kebijakan luar negeri Obama telah menggelar konferensi sebelum Hillary berpidato. “Senator New York itu telah menunjukkan tuduhan yang buruk dalam berbagai isu, termasuk tentang invasi Irak dan mendukung undangundang yang menyebut Garda Nasional Iran sebagai sebuah organisasi teroris,” kata penasihat utama Obama, Susan Rice.

Meski telah dicerca Hillary berulang kali, Obama tetap menunjukkan kata-kata yang baik pada Hillary dalam kampanye di Ohio. Obama meminta pemilih mendukung Demokrat. “Karena saya sendiri atau Senator Hillary sangat menginginkan menciptakan sebuah masyarakat yang lebih baik dan lebih aman,” papar Obama.

Obama kemudian membuat perbandingan antara dirinya dan Hillary. “Saya merupakan kandidat dengan kemampuan memengaruhi pendukung Republik dan karena itu Hillary memiliki kepentingan khusus,” kata pria yang pernah tinggal di Jakarta ini.

Di penjuru AS, Obama jelas mengungguli Hillary di antara pemilih pria kulit putih, pekerja berpendapatan menengah, dan kelompok liberal. Berdasarkan jajak pendapat Associated Press, di Ohio itu Obama mendapatkan 46% dukungan dan Hillary 43%. Pada awal Februari lalu Hillary sempat memimpin 5 poin.

Menurut jajak pendapat CBS Newsdan New York Times, Obama mendapatkan 16 poin di atas Hillary di Ohio. Secara umum, dari pemilih Demokrat di seluruh penjuru AS, Obama mendapatkan 54% suara dan Hillary 38% suara.

Pada perkembangan lain, Senator Christopher Dodd kemarin memberikan dukungan pada Obama. Dukungan Dodd ini akan membantu Obama meraih lebih banyak pemilih di Ohio dan Texas. Jajak pendapat yang dilakukan CNN-Opinion Research Corp menunjukkan, Obama mendapatkan 50% dan Hillary 46% di Texas. Jajak pendapat itu digelar pada 22-24 Februari dengan tingkat kesalahan kurang lebih 3,5%.

Jajak pendapat ini menunjukkan, Hillary memimpin perolehan suara di Texas. Berdasarkan latar belakang aktivitasnya di Senat, kelak jika Obama menjadi Presiden AS, dia akan mendorong pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) dan mengurangi kemiskinan di luar negeri. Obama akan meningkatkan kerja sama dengan negara lain dibandingkan melakukan konfrontasi.

Penilaian itu diungkapkan orang-orang dekat Obama. “Meski kerja-kerjanya di komite Senat tidak mendapat perhatian besar, dia bekerja dalam sejumlah isu penting seperti nonproliferasi nuklir,mendesak (Duta Besar AS di Irak) Zalmay Khalizad untuk berkomitmen tidak membangun pangkalan tetap di Irak, menghentikan pembantaian di Darfur, dan membawa penjahat perang ke pengadilan,” ujar Juru Bicara Obama, Tommy Vietor.

Sikap Obama untuk mencabut sejumlah sanksi terhadap Kuba disambut baik warga AS keturunan Kuba.Washington selama ini bersikap keras terhadap Kuba dan pemberlakuan pembatasan perjalanan dan transfer uang oleh Presiden Bush pada 2004 membuat frustrasi warga AS keturunan Kuba.

“Saya pikir Barack Obama benar. Ini saatnya menunjukkan bahwa AS berbeda dan dapat membantu Kuba berubah sedikit demi sedikit,” ungkap Jose, karyawan Bank of America yang tiba di AS dari Havana lima tahun silam. Di kubu Republik, Senator Arizona John McCain kemarin berkampanye di Ohio. McCain harus meyakinkan bahwa kebijakan AS di Irak berjalan sukses.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: