Posted by: ariefantasista10 | March 5, 2008

Lamborghini New Gallardo, Kini Lebih Hijau

Lamborghini New Gallardo, Kini Lebih Hijau

Anton Suhartono-okezone

lam.jpg
GENEVA – Produsen mobil sport Italia, Lamborghini memperkenalkan model super sport Gallorado. Walaupun mobil sport seharga lebih dari Rp1,8 miliar ini memiliki performa lebih tinggi, namun emisinya lebih rendah dibanding pendahulunya.

Tampilan Gallardo LP560-4, nampak bulat seperti peluru dengan bobot 20 kg lebih ringan dibanding Gallardo versi sebelumnya. Kemampuan mesinnya juga lebih dahsyat. Ini dapat dilihat dari waktu akselerasinya yang tiga per sepuluh detik lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kecepatan 0 hingga 100 km/jam dapat dijangkau dalam waktu 3,7 detik.

Dalam hal gas buang, new Gallardo lebih hijau dengan memotong hingga 18 persen CO2. Mengurangi kadar emisi karbon, menjadi penting bagi brand kendaraan milik Volkswagen tersebut, agar produknya tetap eksis di tengah kian ketatnya regulasi mengenai gas buang di Eropa.

Produsen kendaraan yang berbasis di Sant Agata, dekat kota Bologna tersebut memiliki target jangka penjang untuk mengurangi emisi CO2 pada produk-produknya hingga 40 persen.

Menurut Stephan Winkelmann, Chief Executive Lamborghini, mengurangi emisi CO2 bukan berarti mengorbankan performa mesin dan kecepatannya.

“Mobil supersport harus memiliki karakter cepat dalam berakselerasi. Jika anda ingin cepat anda harus konsumtif dalam bahan bakar, artinya ada banyak emisi yang dilepaskan ke udara,” ungkap Winkelmann seperti dikutip Associated Press, Rabu (5/3/3008) saat peluncurannya di Geneva Motor Show.

Walau sudah dikurangi, mobil Lamborghini masih memiliki rata-rata emisi CO2 yang cukup tinggi, yaitu 325 gr/km. Jumlah tersebut masih jauh di atas rata-rata mobil biasa yang berkisar antara 150 hingga 200 gr/km. Namun Winkelmann menandaskan bahwa pemilik Lamborghini, setidaknya hanya menggunakan mobilnya sejauh 5.000 km setiap tahun.

Tingkat efisiensi bahan bakar diperoleh dengan penerapan beberapa improvisasi yang dilakukan pada produk Lambirghini. Di antaranya dengan meningkatkan friksi dari kerja transmisi, mengurangi bobot kendaraan, dan desain mesin hasil produksi VW yang dikenal mampu meningkatkan efisiensi.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2003, Gallardo telah terjual sebanyak 7.100 unit. Sementara new Gallardo akan dipasarkan mulai Juni tahun ini seharga USD198.000 di Amerika dan Eropa. Dengan banderol harga tersebut, Gallardo menjadi mobil termahal Lamborghini melebihi model Murcielago dengan perbandingan harga 3 berbanding 1.

Selama 2007, Lamborghini terjual sebanyak 2.400 unit di seluruh dunia, naik 100 persen dibanding 2006. Pada 2008 ini, Winkelmann memprediksikan penjualannya kembali tumbuh dengan angka yang sama.

Pasar Amerika dan Eropa, masing-masing menyumbang 40 persen penjualan keselurahan Lamborghini. Pada 2007, Penjualan di China tumbuh 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya menjadi 30 unit. Winkelmann menargetkan angka pertumbuhan yang sama di China pada 2008 ini. “Sebenarnya banyak konsumen yang meminati produk kami, namun semuanya tergantung pada infrastruktur di masing-masing negara. Kenikmatan mengendarai kendaraan sport tidak akan terasa apabila jalannya tidak memadai,” pungkas Winkelmann.

sumber : www.okezone.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: