Posted by: ariefantasista10 | March 12, 2008

10.000 BC, Perjuangan Hidup & Cinta Sebelum Masehi

10.000 BC, Perjuangan Hidup & Cinta Sebelum Masehi

bc.jpg

Judul Film : 10.000 BC
Sutradara : Roland Emmerich
Pemain : Steven Strait, Camilla Belle, Cliff Curtis, Mo Zinal
Produksi : Warner Bros Pictures.

Masa 10 ribu tahun Sebelum Masehi, membuat orang penasaran ingin tahu bagaimana peradaban manusia saat itu. Ternyata, 10 ribu Sebelum Masehi (SM) diwarnai perjuangan mempertahankan hidup dan kisah percintaan.

Berawal dari kisah seorang pria bernama D’Leh (Steven Strait). Dia merupakan salah satu penduduk sebuah lembah yang menamakan diri suku Yagahl. Yagahl merupakan suku pemburu yang kerap memburu mannak (mammoth).

D’Leh jatuh hati kepada Evolet (Camilla Belle) pada pandangan pertama, sejak Evolet diselamatkan dan akhirnya dibawa ke Yagahl. Menurut ramalan Ibu Tua (Mona Hammond), wanita sakti yang menjadi panutan suku Yagahl, Evolet akan menjadi istri bagi siapa pun yang berhasil memenangkan pemburuan terakhir dan meraih Tongkat Putih.

Singkat cerita, akhirnya D’Leh mampu memenangkan pemburuan dan meraih Tongkat Putih. Sayang, usaha D’Leh itu dinilai tidak sah oleh seorang jago tombak dan pemburu yang dituakan, Tic’Tic (Cliff Curtis). D’Leh dianggap tak pantas mendapat Tongkat Putih karena berbohong. Namun, Tic’Tic tak memberitahukan hal itu kepada yang lain.

Kegembiraan D’Leh bisa memenangkan Evolet membuatnya bimbang. Memilih mengakui kebohongan dan kehilangan Evolet atau meneruskan kebohongannya dan tetap memiliki Evolet.

Kebimbangan D’Leh belum terjawab, Evolet diculik segerombolan pria berkuda yang dijuluki hantu berkaki empat. Tak hanya Evolet, beberapa penduduk Yagahl pun dibawa serta pasukan tersebut dan dibawa ke sebuah tempat.

D’Leh dan Tic’Tic yang tidak berada di kamp, selamat dan akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan penduduk Yagahl dan Evolet. Untuk aksinya ini, mereka ditemani Ka’Ren (Mo Zinal), “musuh” D’Leh yang selalu menganggap D’Leh pengecut.

Tak disangka, Baku (Nathanael Baring) menguntit dari belakang. Perjuangan demi perjuangan dilalui keempatnya. Perjalanan panjang, naik-turun gunung besar mereka lalui untuk mencari jejak pasukan Hantu Berkaki Empat. Akhirnya, mereka menemukan Evolet dan tawanan lain.

D’Leh yang tak tega melihat Evolet berusaha melawan dan menyelamatkan Evolet seorang diri. Beberapa suku Yagahl pun berhasil diselamatkan. Sayang, Evolet kembali tertangkap. Begitu pula Ka’Ren dan Baku. Sedangkan Tic’Tic, terluka parah.

Akhirnya, D’Leh memilih mundur dan mengobati luka Tic’Tic. Nasib berkata lain, saat D’Leh hendak mencari makanan untuk Tic-Tic, dia terjerembab ke dalam perangkap yang di dalamnya terdapat macan dengan tubuh yang super besar.

Akankah D’Leh mampu keluar dari lubang perangkap itu? Bagaimana pula nasib Evolet yang yakin bahwa D’Leh akan datang menyelamatkannya?

Semua jawaban hanya ada di film petualangan, 10.000 BC. Film bergenre petualangan ini membawa penonton kembali ke zaman Sebelum Masehi. Film ini kembali mengingatkan kepada pelajaran sejarah, tentang kehidupan manusia purbakala.

Film berdurasi 109 menit ini juga menghadirkan nuansa drama, yaitu kisah perjuangan D’Leh menyelamatkan cinta sejatinya, Evolet. Tentunya, drama percintaan kedua insan ini memberi bumbu dan warna di antara tegangnya petualangan dan pertempuran yang dilakukan D’Leh.

Namun, ada satu kejanggalan dalam film tersebut. Akhir cerita 10.000 BC seakan tak masuk akal. Sesuatu yang mustahil terjadi, tapi dipaksakan terjadi. Seakan memaksakan demi menciptakan akhir cerita yang happy ending.


Responses

  1. Film ini menurut saya kok membosankan ya…seperti menonton National Geography. Lah wong alurnya, endingnya mudah banget ditebak. Heran juga sutradara sekaliber Roland Emmerich kok buat film kualitasnya seperti ini. Masih lebih bagusan Ice age…hehehe…eha mas udah nonton turtles can fly sama the kite runner ? bagus lho..!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: