Posted by: ariefantasista10 | April 26, 2008

10 Gol Bunuh Diri Krusial

10 Gol Bunuh Diri Krusial

Gol bunuh diri dari John Arne Riise saat Liverpool ditahan imbang 1-1 Chelsea dalam semifinal leg 1 Liga Champions di Anfield berpotensi mendatangkan bencana. Bisa jadi, The Reds terjungkal dari ajang Liga Champions musim ini jika tak mampu meraih kemenangan dalam leg 2 di Stamford Bridge, Rabu (30/4/2008).

Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Bila memang itu terealisasi, maka bek kiri asal Norwegia tersebut dapat bergabung dengan deretan pemain yang telah menorehkan gol bunuh diri berakibat fatal untuk klubnya sendiri.

Skysports.com merilis daftar 10 gol bunuh diri yang berakibat fatal untuk klubnya.

DES WALKER

Bek Nottingham Forest, Des Walker mencetak gol kemenangan untuk Tottenham Hotspur dalam final FA Cup tahun 1991 di Wembley. Imbang 1-1 di waktu normal, bek sentrak asal Inggris tersebut mencetak gol bunuh diri lewat tandukan saat babak perpanjangan waktu.

TOMMY HUTCHISON

Pemain berkebangsaan Skotlandia ini memberi gol keunggulan untuk Manchester City lewat tandukan spektakuler dalam final FA Cup tahun 1981 atas Tottenham Hotspur. Akan tetapi, dia pula yang memaksakan hasil imbang 1-1 setelah tembakan bebas dari Glenn Hoddle membentur tubuhnya hingga masuk gawang sendiri. Spurs akhirnya mampu memboyong gelar tersebut usai menang dalam laga replay.

PETER ENCKELMAN

Dalam derby Birmingham pertama sejak The Blues promosi ke Premier League tahun 2002, kiper Aston Villa Peter Enckelman membuat blunder yang sangat memalukan. Birmingham unggul 1-0 lewat lemparan ke dalam kapten Olof Mellberg yang salah diantisipasi Enckelman. Bola hasil lemparan Mellberg melewati sela kedua kaki Enckelamn dan wasit melihat bola sempat membentur tubuh Enckelman hingga resmi dinyatakan sebagai gol. Birmingham pun akhirnya memenangkan laga dengan skor 3-0.

LEE DIXON

Palang pintu Arsenal Lee Dixon mendapat cemooh oleh suporter The Gunners pada awal tahun 1990 ketika umpan back pass-nya terlalu tinggi hingga kiper David Seaman tak mampu mengantisipasi. Dixon pun memberi kemenangan untuk Coventry.

SANDY BROWN

Tindakan bodoh lain dilakukan Sandy Brown ketika tandukannya justru menghujam gawangnya sendiri. Tindakan tersebut sangat disayangkan karena membuat kecewa suporter Liverpool dalam derby Merseyside pada Desember 1969. Bahkan dia mendapat ejekan yang tidak senonoh dari kalangan suporter The Kop.

IAIN DOWIE

Iain Dowie melakukan back pass dengan tandukan yang tak mampu diantisipasi kiper Ludek Miklosko ketika membela West Ham United. Dowie pun memberikan kemenangan 2-1 untuk Stockport di tahun 1996.

ANDRES ESCOBAR

Gol bunuh diri pada Piala Dunia 1994 yang berujung pembunuhan. Ya, dia adalah bek Colombia Andreas Escobar. Palang pintu Colombia tersebut salah mengantisipasi sebuah umpan silang hingga tandukannya menghujam gawang sendiri yang memberi kemenangan 2-1 untuk USA. 10 hari kemudian, saat dia keluar dari klub malam di Madellin, Escobar di bunuh dengan cara ditembak.

DJIMI TRAORE

Kali pertama Rafael Benitez terjun di Piala FA menukangi Liverpool mendapat kekalahan dari Burnley di tahun 2005 setelah bek asal Perancis Traore melakukan gol bunuh diri. Hendak menghalau bola, sapuannya justru mengarah ke gawang sendiri hingga memberi kemenangan untuk klub yang berlaga di Coca-Cola Championship tersebut.

JAMIE POLLOCK

Sebuah gol bunuh diri yang tercatat sebagai yang terburuk pada musim tersebut. Bermain melawan QPR pada tahun 1998, bek Manchester City Jamie Pollock sempat menghalau bola dengan kepalanya. Akan tetapi, dia kembali melakukan tandukan yang bermaksud melakukan back pass. Bukannya diterima baik oleh kiper, bola justru melenggang masuk gawang sendiri.

CHRIS BRASS

Bisa jadi aksi gol bunuh diri yang terburuk disandang pemain Bury, Chris Brass. Berlaga melawan Darlington pada tahun 2006, sebuah tendangan keras menghujam wajah Brass hingga bola berbelok ke gawang sendiri. Dia pun harus digotong keluar lapangan karena hidungnya patah. Entah kenapa, Bury akhirnya mengakhiri pertandingan dengan kemenangan setelah mendapat gol di penghujung laga.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: