Posted by: ariefantasista10 | May 9, 2008

‘UNTRACEABLE’, Menelusuri Pembunuh Berantai di Dunia Maya

‘UNTRACEABLE’, Menelusuri Pembunuh Berantai di Dunia Maya

KapanLagi.com – Pemain: Diane Lane, Billy Burke, Colin Hanks, Joseph Cross, Mary Beth Hurt

Jennifer Marsh (Diane Lane) adalah agen FBI yang bertugas sebagai cyber officer. Tugas Jennifer adalah membongkar kejahatan lewat internet yang sering kali merepotkan petugas lapangan dalam pengusutannya. Suatu malam Jennifer mendapat sebuah alamat situs yang diberikan seseorang yang tidak mau menyebutkan identitasnya.

Saat diakses, situs beralamat killwithme.com itu berisi live video streaming yang menyediakan ruang bagi pengakses untuk memberikan komentar. Dalam video itu tampak seekor anak kucing yang sedang terjebak pada sebuah perangkap yang menggunakan lem. Tidak ada kejelasan mengapa pemilik situs itu menyiarkan video itu secara live.

Keesokan harinya, saat Jennifer mengakses situs itu lagi, ia mendapati bahwa si anak kucing sudah dalam keadaan mati dan masih terjebak pada perangkap yang disiarkan secara live itu. Jennifer melaporkan masalah itu kepada Richard Brooks (Peter Lewis) atasannya dan mengatakan bahwa situs itu tidak bisa diblok karena memiliki banyak mirror dan tidak dapat dilacak lokasi sebenarnya. Setiap kali situs itu diblok, dengan segera pemiliknya sudah mendapat server baru dan siap online lagi. Namun atasan Jennifer menganggap masalah itu tidak penting karena korbannya cuma seekor kucing dan masalah itu sudah di luar wilayah kerja mereka karena beberapa server yang digunakan situs itu berada di Rusia.

Namun sehari kemudian ternyata situs yang sama menampilkan korban baru. Kali ini korbannya bukan lagi binatang tapi seorang manusia. Intinya, pemilik situs menempatkan korban pada sebuah alat jebakan yang akan membunuh korban secara pelan-pelan. Semakin banyak orang yang mengakses killwithme.com, maka semakin cepat pula korban mati. Sampai korban ini meninggal, FBI belum dapat menemukan lokasi kejadian pembunuhan itu.

Tak lama kemudian, killwithme.com sudah memasang korban manusia kedua. Bila korban pertama diketahui ternyata seorang pilot, korban kedua ini adalah seorang reporter TV. Awalnya FBI mengira pelaku mengambil korban secara acak namun belakangan ternyata diketahui bahwa masing-masing korban dipilih secara hati-hati dengan maksud tertentu.

Griffin Dowd (Colin Hanks) partner Jennifer di divisi cyber crime yang berhasil menemukan hubungan antara korban dan pelaku akhirnya berakhir mati mengenaskan sebagai korban di killwithme.com. Kali ini Jennifer harus berpasangan dengan detektif Eric Box (Billy Burke) dalam menyelidiki kasus ini. Namun setelah Jennifer ternyata menghilang setelah menelepon kantor FBI, waktu tersisa jadi tak banyak lagi.

Mampukah FBI mengungkap kejahatan menggunakan teknologi canggih ini, dan bagaimana nasib Jennifer di tangan pembunuh berdarah dingin ini?

Nampaknya film ini berusaha lepas dari mainstream film action dengan mencoba membuat film laga yang cerdas. Alur kisah yang ditata rapi membawa ketegangan mengalir mulus sampai ke puncak cerita walaupun di beberapa segmen ada adegan klasik yang sering kita lihat di film ber-genre sama. Sebut saja macam adegan di mana FBI begitu yakin akan lokasi pelaku kejahatan namun ternyata lokasi itu ditemukan dalam keadaan kosong. Namun terlepas dari adegan klise itu, alur cerita masih cukup kuat dan permainan Diane Lane masih tetap cemerlang seperti biasa. Diane mampu memerankan agen FBI, seorang single parent, dan sekaligus seorang anak dengan meyakinkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: