Posted by: ariefantasista10 | May 15, 2008

Zenit St Petersburg Juara

Zenit St Petersburg Juara

Manchester – Zenit St Petersburg merengkuh tropi Eropanya yang pertama setelah menjuarai Piala UEFA. Di final, skuad besutan Dick Advocaat itu menundukkan Glasgow Rangers dengan 2-0.

Keberhasilan menjuarai Piala UEFA menyempurnakan perjalanan Zenit dia turnamen antarklub nomor dua Eropa itu. Dalam perjalanannya ke final, Andrei Arshavin dkk menundukkan banyak raksasa Eropa termasuk Bayern Munich yang mereka lumat 5-1 secara agregat di perempatfinal.

Zenit pun menjadi klub kedua asal Russia yang mampu menjuarai Piala UEFA setelah CSKA Moscow merengkuhnya untuk kali pertama di musim 2004/05.

Kekalahan ini membuat Ranger gagal mengulang sukses meraih tropi Eropanya yang kedua. Raksasa Skotlandia ini sebelumnya baru sekali menjadi kampiun Eropa di ajang Piala Winners.

Meski bertanding di tempat netral yakni di City of Manchester Stadium, namun Rangers seperti bermain di kandang sendiri. Markas Manchester City itu dibuat biru oleh ribuan fans Rangers yang sepanjang pertandingan membuat suara gaduh demi memberi dukungan pada timnya.

Namun dukungan tersebut tak banyak membantu Rangers di tengah lapangan karena mereka mengawali pertandingan dengan banyak melakukan kesalahan dan terlihat kurang lepas bermain. Zenit mampu memanfaatkan kondisi ini dengan mengkreasikan peluang melalui Arshavin yang gagal berujung gol karena sepakannya melebar jauh dari sasaran.

Keunggulan Zenit bertahan hingga pertengahan babak pertama, beberapa peluang pun berhasil dikreasikan “tim tamu” lewat Arshavin dan dua kesempatan atas nama Radek Shirl. Sementara Glasgow baru memiliki peluang yang benar-benar matang di penghujung babak pertama melalui Kevin Thomson yang mencoba menyambar bola mental hasil tendangan bebas, namun hingga turun minum skor bertahan di angka 0-0 karena peluang tersebut tak mampu dikonversikan menjadi gol.

Di awal babak kedua Rangers lebih dulu menciptakan peluang. Diawali tendangan Jean Claude Darcheville yang dihalau kiper Neil Alexander, bola kemudian direbound Barry Ferguson yang kali ini terlihat mengenai seorang pemain bertahan Zenit di kotak penalti. Namun wasit tak menunjuk titik putih dari inisden itu.

Melalui serangan balik yang cepat, Zenit kembali menciptakan kesempatan di menit 64. Mampu melewati kiper yang maju hingga seperempat lapangan, Arshavin melepaskan tembakan melambung ke arah gawang yang kali ini kembali gagal karena dihalau tepat digaris gawang oleh Sasa Papac.

Terus ditekan pertahanan Rangers akhirnya jebol juga di menit 72. Diawali kerjasama satu-dua di sisi kiri pertahanan Rangers, Igor Denisov menerima umpan terobosan terukur dari Arshavin mengubah skor menjadi 1-0 setelah dengan dingin memperdaya kiper Rangers.

Tertinggal satu gol membuat Rangers menggandakan serangan. Namun usaha mereka tak membuahkan banyak hasil karena skuad besutan Walter Smith justru kembali banyak ditekan.

Zenit akhirnya memastikan merengkuh tropi Piala UEFA setelah Konstatin Zurianov mencetak gol kedua di menit 90. Sama seperti gol pertama, prosesi terciptanya gol ini juga melalui kerjasama apik yang diperagakan lini depan Zenit.

Susunan Pemain
Zenit: Viacheslav Malafeev, Ivica Krizanac, Aleksandr Aniukov, Anatoliy Tymoschuk, Konstatin Zurianov, Igor Denisov, Radek Shirl, Roman Shirokov, Viktor Faitzulin (Dong-jin Kim ’90), Fatih Tekke, Andrei Arshavin

Rangers: Neil Alexander, David Weir, Steven Whittaker (Kris Boyd ’86), Kirk Broadfoot, Sasa Papac (Nacho Novo ’77), Carlos Jimenez Cuellar, Barry Ferguson, Brahim Hemdani (Lee McCulloch’90), Kevin Thomson, Steven Davis, Jean Claude Darcheville

sumber :detik.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: