Posted by: ariefantasista10 | May 20, 2008

Portsmouth Juara FA Cup

Portsmouth Juara FA Cup

LONDON -Portsmouth sukses memastikan diri sebagai jawara FA Cup musim ini. Itu terjadi, setelah tim asuhan Harry Redknapp ini menaklukkan tim penuh kejutan Cardiff City 1-0, di Wembley stadium, Sabtu (17/5/2008).

Gelar FA Cup yang diraih Portsmouth kali ini merupakan yang kedua sejak klub tersebut berdiri pada 1898. Sebelumnya, klub berjuluk The Pompey ini sukses menyabetnya pada 1939.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya babak pertama, Portsmouth yang notabene klub dari Premier League langsung mendominasi jalannya laga. Sedangkan Cardiff hanya mengandalkan serangan balik cepat untuk mengancam gawang the Pompey yang dikawal kiper nomor satu Inggris, David James.

Pompey berhasil membuka keunggulan melalui striker veteran Nwanko Kanu di menit ke-37. Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan John Utaka di sisi lapangan, striker asal Nigeria ini sukses mengecoh kiper Cardiff, Peter Enckelman. 1-0 untuk Portsmouth.

Menjelang berakhirnya babak pertama, The Bluebirds sebenarnya berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Glenn Loovens. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit karena sang pemain terlebih dulu dianggap melakukan handsball. Skor 1-0 untuk Portsmouth bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua atau tepatnya pada menit ke-53, Kanu lagi-lagi membuat jantung para pendukung Cardiff berdebar. Namun, tendangan mantan striker Arsenal ini masih membentur pemain belakang Cardiff yang membuat bola hanya menyamping di sisi gawang.

Menyadari membutuhkan gol penyeimbang, para punggawa the Bluebirds mulai menekan jantung pertahanan Portsmouth. Dan terbukti, beberapa peluang pun mereka dapatkan.

Cardiff mendapatkan peluang terbaik melalui Glenn Loovens pada menit ke-79. Sialnya, bola hasil sundulannya hanya melintas tipis di atas mistar gawang James. Hingga berakhirnya laga, Cardiff gagal membuat gol penyeimbang dan harus merelakan trofi FA Cup jatuh ke tangan Portsmouth.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: