Posted by: ariefantasista10 | June 3, 2008

Duet Dua Sosok Royal

Duet Dua Sosok Royal

Jakarta – Jose Mourinho dan Massimo Moratti dikenal sebagai sosok yang tak segan menghamburkan uang di pasar transfer. Berapa banyak yang akan mereka keluarkan musim depan? Akankah rekor transfer termahal pecah?

Perangai Mourinho itu terlihat ketika ia ditunjuk melatih Chelsea tahun 2004. Dengan sokongan dana berlimpah dari seorang pemilik klub yang sangat royal, Roman Abramovich, Mourinho membangun ulang Chelsea yang sesuai dengan keinginannya. Berbagai pemain kelas wahid ia datangkan dengan dana yang pastinya tidak murah.

Di tahun pertamanya melatih, The Special One sudah menghabiskan dana hingga sekitar 80 juta poundsterling untuk transfer pemain. Uang tersebut digunakan untuk memboyong Didier Drogba (24 juta pounds), Mateja Kezman (5 juta pounds), Arjen Robben (9 juta pounds), Petr Cech (9 juta pounds), Paulo Ferreira (13,2 juta pounds) dan Ricardo Carvalho (19,85 juta pounds).

Hingga akhir masa jabatannya pada tahun 2007 silam, ia disinyalir sudah menghabiskan dana sekitar 187,45 juta pounds di pasar transfer–pemain termahal yang didatangkan adalah Andriy Shevchenko (30 juta pounds).

Kebetulan, Massimo Moratti memiliki perangai yang sama dengan Abramovich, cukup royal dalam membelanjakan uang. Selama menjadi bos Inter, ia sudah mengeluarkan dana hingga sekitar 200 juta pounds hanya untuk membeli pemain.

Lalu berapa banyak uang yang akan dihamburkan oleh Mourinho-Moratti musim depan? Dengan rencana kedatangan Drogba, Frank Lampard, Michael Essien, hingga Deco, dana yang dibutuhkan jelas tidak sedikit.

Bahkan bukan tidak mungkin rekor transfer pemain termahal dipecahkan. Ya, mengingat ambisi Moratti yang ingin menjadikan Inter juara di Italia sekaligus di Eropa bisa saja ada pemain super-mahal yang didatangkan.

Ingat, Moratti pernah menjadikan Christian Vieri pemain temahal di dunia pada tahun 1999. Ketika itu Vieri diboyong dari Lazio dengan nilai transfer 37 juta pounds.

Meski demikian, Moratti sudah mengungkapkan tak akan terlalu banyak melakukan perombakan skuad. Ia merasa sudah puas dengan skuad yang dimiliki oleh La Beneamata saat ini.

Pernyataan tersebut didasari oleh sifat Moratti yang sangat loyal terhadap skuadnya. Ia dikenal bisa membangun keterikatan emosi yang cukup tinggi dengan para pemain. Bisa diambil contoh bagaimana ia lama mempertahankan Alvaro Recoba yang dianggap banyak orang sudah tak layak bermain di Inter.

Kini semua hanya tinggal menunggu waktu. Apakah akan ada banyak uang yang digelontorkan atau kali ini Mourinho-Moratti justru memilih “berhemat”. Kita lihat saja.

sumber : detik.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: