Posted by: ariefantasista10 | February 7, 2009

Slumdog Millionaire, Si Miskin yang Beruntung

2v15kbfc1s

Slumdog Millionaire bercerita tentang seorang remaja 18 tahun yang besar di daerah kumuh di India, bernama Jamal Malik diperankan Dev Patel. Jamal yang yatim piatu mendadak menjadi jutawan setelah memenangi kuis ‘Who Wants To Be A Millionare’ versi India.

Besar di kawasan kumuh dan hanya bekerja sebagai pelayan di perusahaan layanan telepon, namun Jamal mampu menjawab semua pertanyaan. Lantaran miskin, dia dicurigai berbuat curang dan melakukan penipuan dalam menjawab pertanyaan di kuis itu. Alhasil, sebelum menuju pada pertanyaan terakhir Jamal digiring ke kantor polisi untuk diinterogasi.

Polisi mulai menginterogasi Jamal. Namun bukan pengakuan perbuatan curang yang didapat. Jamal dengan keluguannya malah bercerita tentang masa kecilnya yang penuh eksploitasi dan kejahatan jalanan di kawasan kumuh kota Mumbai, India. Secara tidak sengaja, dari pengalamannya itulah dia mampu menjawab semua pertanyaan kuis yang dibawakan oleh Prem Kumar (Anil Kapoor).

Misalnya, saat Jamal mendapat pertanyaan penemu pistol, ingatannya langsung tertuju ketika Jamal dan kakaknya, Salim (Madhur Mittal), hendak mencari wanita yang dicintai Jamal bernama Latika (Freida Pinto). Mereka menemukan Latika di sebuah lokalisasi.

Saat hendak membawa kabur Latika, Jamal dan Salim dipergoki oleh Maman ‘sang pemilik’ Latika. Tanpa ragu-ragu Salim menembak Maman dengan pistol tepat di kepalanya. Mereka bertiga pun berhasil melarikan diri.

Salim yang merasa berkuasa karena memiliki pistol, merenggut keperawanan Latika dan mengusir Jamal. Jamal tak bisa memaafkan Salim atas kejadian itu.

Jamal kembali berpisah dengan Latika dan benar-benar hidup sendiri. Saat dewasa, Jamal bekerja di perusahaan layanan telepon sehingga tak kesulitan mendapatkan nomor telepon Salim. Merekapun kembali bertemu dan Jamal menanyakan keberadaan Latika. Ternyata Latika kini hidup bersama mafia bernama Javed di mana Salim menjadi anak buahnya.

Dari pertemuan yang kemudian terpisahkan kembali inilah Jamal mengetahui bahwa Latika suka menonton kuis ‘Who Wants To Be A Millionare’. Jamal yakin jika dirinya mengikuti kuis ini Latika pasti melihatnya.

Walau hidup miskin, Jalam akhirnya berhasil meyakinkan semua orang bahwa keikutsertaannya di kuis ini bukan karena 20 juta Rupee semata, tetapi karena cintanya kepada Latika.

Film garapan sutradara asal Inggris, Danny Boyle ini berhasil menggambarkan kekumuhan dan kehidupan jalanan kota Mumbai secara realistis. Tak heran jika film yang dirilis tahun 2008 ini memenangkan empat penghargaan dalam Golden Globe Award.

Bahkan film yang diadaptasi dari sebuah buku karya Diplomat India, Vikas Swarup, ini meraih 10 nominasi Academy Award 2009 di Beverly Hills, Los Angeles, Amerika Serikat.

Terlepas dari akhir cerita yang mudah diterka, ide cerita film ini sangat menarik dan membuka mata kita betapa kerasnya kehidupan kaum marjinal. Selain itu kita juga bisa belajar bagaimana berkorban dengan tulus untuk orang yang kita cintai.

Film ini mulai ditayangkan di bioskop tertentu pada 11 Februari 2009.

Sutradara:
Danny Boyle

Pemain:
Dev Patel
Freida Pinto
Madhur Mittal
Irrfan Khan
Saurabh Shukla
Anil Kapoor.

sumber : okezone.com


Responses

  1. i agree with you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: